Oase Kehidupan

Gapailah tingginya langit, lihatlah luasnya angkasa, menyelamlah ke dalamnya samudera.

BUKU TAMU

Kandungan Surat Ash Shaff

"Mereka hendak memadamkan cahaya Allah dengan ucapan-ucapan mereka, dan Allah tetap menyempurnakan cahaya-Nya meskipun orang-orang kafir benci." (Ash Shaff : 8)

Hari ini, setelah saya melaksanakan shalat subuh di Musholla, seperti biasa ada tausiah. biasanya sih hanya membacakan beberapa hadist, tetapi pagi ini berbeda, seorang Ustad yang bernama Bapak H. Idris yang usianya sudah cukup tua yaa sekitar 80 thun lebih lah, beliau mengisi tausiah pagi ini. dan beliau membahas tentang surat yang telah saya tulis di atas. setelah beberapa kata ia ucapkan tentang tafsir ayat ini, sepertinya rasa ngantukku seakan hilang, saya sangat tertarik akan tafsir dari ayat ini.


"Mereka ingin memadamkan cahaya Allah dengan ucapan mereka." pendapat saya tentang penggalan ayat ini yaitu dari kata MEREKA disini menunjukkan orang-orang kafir yang tidak patuh akan perintah Allah, tidak pernah mengindahkan apa-apa yang diperintahkan oleh Allah, dan memadamkan cahaya Allah dengan perbuatan-perbuatan dan ucapa-ucapan mereka. sesungguhnya orang-orang yang seperti inilah yang bisa saja akan meruntuhkan perlahan kokohnya agama kita.

"dan Allah tetap menyempurnakan cahaya-Nya meskipun orang-orang kafir benci." Nah, ini lanjutan ayatnya. Walaupun orang-orang kafir ini terus memadamkan cahaya Allah, namun Allah akan tetap menyempurnakan cahaya-Nya untuk mengkokohkan agama-Nya walau orang-orang kafir itu tidak menyukainya. seperti apa Allah menyempurnakan cahaya-Nya itu??
Nah menurut sayaaa, ayat ini ada hubunganya dengan ayat 14nya yang berarti :

"Hai orang-orang beriman, jadilah kamu penolong-penolong agama Allah sebagaimana Isa putra Maryam telah berkata kepada pengikutnya "siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku untuk menegakkan agama? Allah?" dan mereka pun menjawab "kamilah penolong-penolong agama Allah," lalu segolongan dari Bani Israil beriman dan segolongan kafir; maka Kami berikan kekuatan kepada orang-orang yang beriman terhadap musuh-musuh mereka lalu mereka menjadi orang yang menang."

Dari ayat ini saya bisa mengambil suatu maksud, Allah tetap menyempurnakan cahaya-Nya dengan salah satu caranya melalui orang-orang beriman yang selalu mendirikan ajaran Allah dan menegakkan serta memperkokoh Agama Islam. Dan orangorang seperti inilah yang menjadi orang-orang yang menang.

Dari tafsir ini kita bisa menyimpulkan bahwa orangorang kafir akan senantiasa untuk meredupkan cahaya Allah. Tetapi kita sebagai mukmin yang sejati harus senantiasa berjuang di jalan Allah. kita harus menegakkan terus agama Islam, walaupun berapa pun banyaknya halangan yang menghadang, setebal apapun penghalangnya, kita terus berjuang, berjihad di jalan Allah, jangan sampai agama Islam semakin tidak kokoh. WAlaupun harus ada yang dikorbankan, korbankanlah hal itu, perjuangkan samapi titik darah penghabiskan, kerahkan 170% kemampuan kita untuk menegakkan agama Islam. lakukan yang terbaik untuk memperkokoh agama Allah.
ALLAHUAKBAAR !!!

0 komentar:

Posting Komentar